img
AgreeBlog

6 Hal Kesalahan Saat Pinjamin Uang Ke Teman!!

Terkadang kita dihadapkan dengan kesalahan saat pinjamin uang ke teman. pengambilan keputusan dalam situasi yang tidak selalu baik seperti kecelakaan, hp hilang, laptop hilang, tiket pesawat yang tiba-tiba reschedule, dan lain sebagainya tapi terutama permasalahan uang yang membuat kita terbelenggu. Padahal, saat gajian kita sudah membuat plan untuk bertahan hidup selama kita dapat gajian bulan depan. Namun kita tidak menyadari, Kesalahan bisa saja datang ketika salah mengambil langkah ketika pinjamin uang ke teman.

kesalahan

Pinjam uang kesana kemarin kadang bikin malu, tapi karena kebutuhan mendesak dan butuh uang tunai dengan cepat. Alhasil pinjam uang deh ke teman, padahal kalo sobat tau Agreesip, kalian gak usah malu lagi deh pinjem ke temen dan tentunya dana cepat cair juga.
Sebenarnya tidak ada salahnya pinjam uang ke teman, namun Agreesip mau kasih tau nih ke kalian apa saja yang harus kalian perhatikan saat pinjam uang ke teman untuk meminimalisir kesalahan! dari Agreesip :


Kesalahan Pertama, Coba Tanyakan, Tujuan Mereka Meminjam?


Meminjamkan uang ke teman tidaklah semudah itu, hal Ini sangatlah penting bagi pemberi pinjaman karena dengan kita mengetahui alasan nya kita akan tau uang tersebut akan digunakan, misalnya anak sakit, keluarga sakit, buat renovasi kuburan dan lain.
Sehingga kalian tau uang yang kalian pinjamkan akan dipakai buat apa. Hindari gali lubang tutup lubang, dikarenakan kemungkinan besar uang tidak akan kembalikan. maka besar kemungkinannya uang tidak akan kembali. Pun kembali, akan membutuhkan waktu yang sangat lama.


Buatlah Surat Perjanjian


Dalam perihal pinjaman uang, diusahakan harus membuat surat perjanjian dengan hal seperti itu kita bisa jelas kapan uang kita akan kembali. Tidak hanya itu saja, kita bisa tau bunganya, batas tanggal harus dibayar dan syarat-syarat apa saja misalnya teman kita tiba-tiba tidak bisa membayar hutang tersebut. Dengan adanya surat perjanjian ini akan menjadi senjata buat kita nantinya.
Nah, kalo Sobat Agreesip ingin lebih ketat atau ekstremnya bisa juga dengan meminta pengacara atau notaris untuk menandatangani surat perjanjian tersebut. Hal ini mungkin tidak biasa, hanya sekedar meminjamkan uang ke teman kok ribet banget sih. Eitssss tapi ini akan berguna banget loh buat kamu dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak 🙂

Kasih Dana Tunai Bukan Yang lain


Pinjamin uang ke teman lebih baik kasih dana tunai saja, jangan kamu kasih kartu kredit (CC), apalagi surat tanah atau surat BPKB.
Jangan pernah lakukan itu ya mau itu saudara, teman, atau anggota keluarga kalian. Hal ini dihindari karena untuk meminimalisir suatu tindakan yang tidak diinginkan seperti nanti surah berharga kamu di jual belikan atau dijadikan jaminan di bank atau rentenir.


Harus Tegas


Pinjaman uang ke teman haruslah tegas! Kenapa? ketegasan disini maksudnya dimana perjanjian yang telah kalian buat bersama harus diikuti jangan sampai dilanggar oleh salah satu pihak.
Intinya jangan sampai saat waktunya penagihan atau jatuh tempo untuk dibayar, eh teman kamu belum bisa membayar karena alasan belum punya uang atau alasan lainnya yang kurang masuk akal di kamu. nah banyak kasus karena hal ini lah, jadi gak tega untuk menagih dan endingnya teman kamu akan menyalahkan kamu untuk membayar utangnya walau sudah disepakati awalnya.


Berkomunikasi Dengan Orang Terdekat


Hal ini juga penting banget Sobat Agreesip. Kebanyakan orang jarang yang berkomunikasi dengan orang lain seperti orang tua apalagi kalau sudah berpasangan, keuangan saat menikah adalah tanggung jawab antara kalian berdua. Jangan sampai kalian ribut dengan pasangan kalian, hanya karena hal seperti ini.
Jika pasanganmu menolak akan hal ini, maka tanyakanlah alasan yang jelas kenapa menolak dan ternyata alasannya logis makan bilang lah ke temanmu kalau kamu tidak bisa memberikan pinjaman ke teman kalian ya dengan baik.


Perhatikan Keuangan Teman Yang Ingin Pinjam Uang Ke Kita


Pasti Sobat Agreesip agak susah menolak saat teman, kerabat atau keluarga yang ingin pinjam ke kalian karena alasan itu kalian ia saja dan tidak berfikir panjangan. Boleh-boleh saja, namun kalian juga harus perhatikan ya apakah orang tersebut perekonomiannya bagus atau sehat?
Jangan sampai, teman kalian keuangnya gak sehat misalnya dia pinjam uang dengan nominal besar 50 juta padahal kalian tau gaji teman kalian dengan melihat kerjanya dan orangnya males. Kalo gitu bagaimana uang kalian akan kembali.


Nah dari banyaknya tips, kalo teman kalian mau pinjam uang rekomendasikan saja ke Agreesip dan kalian juga dapat keuntungan yakni berupa fee karena telah merekomendasikan teman kalian. Baca juga artikel lainnya seperti memahami pinjaman dana online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + three =

Privacy Settings
We use cookies to enhance your experience while using our website. If you are using our Services via a browser you can restrict, block or remove cookies through your web browser settings. We also use content and scripts from third parties that may use tracking technologies. You can selectively provide your consent below to allow such third party embeds. For complete information about the cookies we use, data we collect and how we process them, please check our Privacy Policy
Youtube
Consent to display content from Youtube
Vimeo
Consent to display content from Vimeo
Google Maps
Consent to display content from Google
Spotify
Consent to display content from Spotify
Sound Cloud
Consent to display content from Sound
Lanjut ke WA yuk
Hallo Teman AgreeSIP
Sini Admin bantu hitung simulasi pencairan nya